Sistem Informasi Gampong ( SIGAP )


Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP) ini dikembangkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh melalui dukungan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK). Pengembangan aplikasi ini merupakan bentuk pelaksanaan amanat Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, sekaligus menjadi bagian dari upaya Pemerintah Aceh dalam membangun sistem informasi yang terintegrasi, dari Gampong, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi melalui Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT).

Aplikasi ini dapat diperoleh oleh Gampong/Kampung/Desa tanpa beban biaya apapun, dengan mengajukan permohonan tertulis kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh melalui Camat atau Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten/Kota, atau nama lainnya.



Kontak

Lembaga
Pemerintah Aceh
Alamat
Jl. Sulthan Alaidin Mahmudsyah No. 14 Banda Aceh
Phone
Selat Malaka
Email
diskominfo[at]acehprov.go.id

Sejarah

Sejarah Kabupaten Bireuen

Kabupaten Bireuen dalam catatan sejarah dikenal sebagai daerah Jeumpa. Dahulu Jeumpa merupakan sebuah kerajaan kecil di Aceh. Menurut Ibrahim Abduh dalam Ikhtisar Radja Jeumpa, Kerajaan Jeumpa terletak di Desa Blang Seupeung, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen.

Kerajaan-kerjaan kecil di Aceh tempo dulu termasuk Jeumpa mengalami pasang surut. Apalagi setelah kehadiran Portugis ke Malaka…